Lilypie 6th to 18th PicLilypie 6th to 18th Ticker
Lilypie 6th to 18th PicLilypie 6th to 18th Ticker

Saturday, December 15, 2007

Oh Indonesia.....

Dulu sering baca webnya ibu2 WNI yang tinggal di Singapore, betapa Singaporean sering merendahkan kita ibu2 Indonesia yang tinggal disini. Dianggap TKW lach........ dsb.

Seiring waktu 2.5tahun saya tinggal disini, akhirnya sayapun menyadari bahwa beberapa kali saya juga mengalami hal yang sama....

  1. di tukang jait neighbourhood, waktu mau mendekin gorden IKEA. Because it costs me quite expensive, so I want to call my husband first. When she saw me calling somebody ask for opinion about the fee, then she asked me the question like this : " Do you want to ask your madam first ???? " What?? and I replied to her " I am calling my husband!". She was speechless after that.
  2. waktu ada ibu2 (Melayu) jualan parfum ke rumah. Karena saya menolak membeli, dan mungkin karena dia mendengar logat melayu saya yang 'aneh' (shg dia tau saya orang Indonesia), maka saat dia melihat Raihan dia langsung bilang gini : " Saya nak cakap dengan maknya tu anak saja " So.. who do you think I am???? his maid????
  3. waktu lagi bayar di kasir NTUC. Waktu ngeliat Hanif & Raihan dan tau kalo aku orang Indonesia, dia nanya dengan nada tidak percaya...... "Are they your sons???"
  4. waktu lagi nanya harga baju di bazaar kaki lima deket rumah. Ada blouse bagus banget... pas aku nanya harganya, auntie yang jualan menjawab dengan nada kesal aka mencemoohkan aka merendahkan seperti ini :" That one is expensive ! That is SILK !!!" and she did not tell me at all how much the price was... and served another person directly instead. So what??? What's wrong if me, an Indonesian woman, asking for the price of an expensive & silk blouse??? Then I took a look into the price tag, I found the price is $54 (yeaach, it IS expensive...), and I told her...." Oh... it is only $54......." then I put back the blouse.. Even though she knew I didn't have such money to buy, it is not polite to serve your customer like that, right? no matter what race they are..... do not justice people from their outside appearance....

Kenapa hal ini bisa terjadi? Serendah itukah wanita Indonesia di pandangan mereka? Karena dirumah mereka biasa mempekerjakan wanita Indonesia sebagai Domestic Helper mereka...??? sehingga mereka menyamaratakan semua wanita Indonesia disini.....???

No comments: